IP
Model Referensi TCP/IP
Model Referensi TCP/IP
TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), sama seperti halnya OSI, merupakan sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada jaringan komputer. TCP/IP terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data. Kesimpulannya, TCP/IP inilah yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data di dalam suatu jaringan.
Sekumpulan protokol yang terdapat dalam TCP/IP diklasifikasikan berdasarkan layer atau lapisan, dimana pada TCP/IP terdapat 4 layer. Berikut penjelasan dari masing-masing layer tersebut.
a.         Layer 1 (Network)
Layer ini menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan paket data untuk membuat sambungan langsung (physical link) termasuk detil teknologi jaringan yang digunakan.
Layer network bertanggung jawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik. Media fisiknya dapat berupa kabel, serat optik, atau gelombang radio. Karena tugasnya ini, protokol pada layer ini harus mampu menterjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yang di mengerti oleh komputer yang berasal dari peralatan lain yang sejenis.
b.        Layer 2 (Internet)
Layer internet berfungsi mengirim paket data antara jaringan yang berbeda dan menentukan lintasan yang ditempuh serta bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat.
Pada layer ini terdapat tiga macam protokol, yaitu IP, ARP, dan ICMP. IP (Internet Protocol) berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP (Address Resulotion Protocol) ialah protokol yang digunakan untuk menemukan alamat hardaware dari host/komputer yang terletak pada network yang sama. Sedangkan ICMP (Internet Control Massage Protocol) ialah protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data.
c.         Layer 3 (Transport)
Layer Transport berfungsi untuk menjaga kualitas layanan pengiriman data dari host asal ke host tujuan dan bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer. Pada lapisan Transport menggunakan Acknowledgement positif dan Acknowledgement negative pada aliran datanya. Acknowlegment positif akan memberitahukan pesan apabila data yang di transferkan telah sampai sedangkan Acknowledgement negative jika paket yang ditransfer tidak sampai ke tujuan maka akan terjadi pengiriman ulang.
Pada layer ini terdapat dua protokol, yaitu TCP (Transmission Control Protokol) dan UDP (User Datagram Protocol).
d.        Layer 4 (Application)
Fungsi Application Layer pada model referensi TCP/IP mengkombinasikan fungsi session, presentation, dan application pada model refernsi OSI.
Pada layer inilah terletak semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP misalnya HTTP, FTP, Telnet, SMTP, dan lain sebagainya.
Pada dasarnya, gambar layer dari model referensi OSI dan model referensi TCP/IP adalah sama meskipun jumlah layernya berbeda. Berikut adalah gambaran layer dari keduanya.
0 Responses

Posting Komentar

Like This Sob >>

Hamster

  • Powered By Blogger

    xXx

    Mengenai Saya

    Foto saya
    i don't smoke i don't like alcohol *sabar,setia,rajin,smangad,jujur,selalu nyenengin hati orang,gag pernah nyakitin hati orang,ikhlas,rajin nabung,tidak sombong* Semua impian kita dapat menjadi nyata, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.
    Teknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer Jaringan