IP
Macam-Macam Perintah CMD Prompt dalam Jaringan Komputer
Macam-Macam Perintah CMD Prompt dalam Jaringan Komputer 
CMD singkatan dari Command , sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan perintah dalam operasi jaringan komputer, Dulu istilah ini dikenal dengan Program DOS . Ternyata para pengguna komputer tidak semua nya tahu, perntah pertintah apa yang terdapat pada CMD Prompt ini. Awalnya saya sendiri tidak tahu, ketika koneksi internet, dan ingin menggabungkan 2 jaringan komputer menggunakan LAN, dibutuhkan melihat Gateway dan Alamat IP komputer Server, cara melihatnya dengan mengetikan perintah ipconfig pada CMD Prompt, nah Berikut ini list perintah-perintah CMD lain yang sering di gunakan pada jaringan komputer:  

1. ipconfig /all Menampilkan informasi konfigurasi koneksi, misalnya Host Name, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN.  
2. ipconfig /flushdns Menghapus DNS Cache  
3. ipconfig /release “Menghapus” semua koneksi IP Address. 
 4. ipconfig /renew Membuat IP Address baru untuk adapter tertentu. 
 5. ipconfig /displaydns Menampilkan DNS Cache.  
6. ipconfig /registerdns Melakukan refresh DNS dan meregister kembali koneksi DNS.  
7. ipconfig /showclassid Menampilkan informasi DHCP Class.
8. ipconfig /setclassid Mengubah DHCP Class ID  
9. control netconnections Menampilkan Network Connection.  
10. nslookup Mengetahui alamat ip address dari nama domain yang di tuliskan  
11. netstat Menampilkan informasi koneksi TCP/IP yang sedang aktif.  
12. route Menampilkan local route.  
13. hostname Menampilkan nama komputer.  
14. ping Contoh: ping cookies.web.id Melakukan test koneksi ke situs cookies.web.id Semakin sedikit % loss-nya maka semakin baik koneksinya.  
15. tracert Menampilkan informasi IP Address route. 

Silahkan anda coba perintahkan kedalam CMD pada komputer anda.. Command Prompt itu? Command Prompt adalah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft untuk melakukan fungsi perintah seperti di Ms DOS
0 Responses

Posting Komentar

Like This Sob >>

Hamster

  • Powered By Blogger

    xXx

    Mengenai Saya

    Foto saya
    i don't smoke i don't like alcohol *sabar,setia,rajin,smangad,jujur,selalu nyenengin hati orang,gag pernah nyakitin hati orang,ikhlas,rajin nabung,tidak sombong* Semua impian kita dapat menjadi nyata, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.
    Teknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer JaringanTeknik Komputer Jaringan